Feeds:
Posts
Comments

Archive for March, 2010

Betapa semangatnya daku dg tantangan KBB 16 ini, setelah 2x absen… hehe.. jangan ditanya kenapanya ya.. maluu… yang penting mari kita menatap masa depan, insyaallah… besok2 lebih rajin lagi bikin PR nya… ocay..

Mba arfi, mba Nonon dan mba Yohana… inilah laporanku 😀

Jadi tantangan di KBB 16 ini adalah bikin chiffon cake, Resep yang dipergunakan terserah, boleh resep dari mana saja atau resep siapa saja asalkan dibuat oleh perkuliner Indonesia. Aku pilih Chiffon Cake Keta Hitam resep Mba Ruri Almh (Alfatihah untuk mb ruri, semoga menjadikan amalan jariyah, amiin )

tau resep in pertama dari blognya mamanya 2K, aka Maki Yulia.. terus aku print, sampe eleeek kertase saiki hahaha… thanks ya bu, jadi  awalnya kalo bikin chiffon yang lainnya itu gagal2 terus, tapi yang ini suksesss…… vino juga sukaa banget, ne ayahnya ngga suka yang berbau ketan2 gitu.. hhihi

Chiffon Ketan Item
Bahan 1 :
200 ml putih telur ~ sekitar 5 butir deh yaa
150 gr gula pasir

1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item (diayak)

Cara membuat:

1. masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
2. tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
3. aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastikan tepungnya nyampur, jangan ada yang bergerindil
4. campur putih telur, gula pasir dan garam
5. kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental
6. campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur misah
7. tuang ke loyang chiffon(tidak usah dioles mentega), bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
8. panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit
9. setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya

Yang perlu diperhatikan ya, (menurutku) setelah beberapa kali membuat chiffon ketan hitam ini, adalah :

1. Pengayakan tepung ketan, harus diayak ya, bila perlu sampe beberapa kali

2. Api Oven jangan terlalu panas, misalnya sampe 200° C atau sesusaikan sm ovennya deh, intinya jangan panasss… kenapa? ya biar ga gosong… heheh.. ngga maksutnya kalo kepanasan nanti texturenya lembutnya ga rata, karena pinggir sama atasnya udah gosong/kering duluan…terus seret gitu, ga lembut (ribet bahasanya)

3. pengocokan putih telur, sampai soft peack aja ya kayaknya

4. pengadukan putih telur dengan adonan tepung, harus hati2, jangan sampai putih telurnya misah2, dan harus rata, jangan sampai ada putih telur yg terperangkap (seperti gelembung udara gitu)

5. mutu tepung ketan hitam juga harus diperhatikan, buat cerita, dulu di jogja ada kemasan, per 500gr, aku dapet di salah satu TBK disini, sayang lupa merknya :(( nah, selang berapa lama, tiba2 kemasan ini menghilang, adanya kemasan curah gitu.. waduhh.. beda banget, dibikin rasanya seret… ada juga satu merk bahan mentah yg sering nongol di SPM, itu hasil jadinya hitammm… legamm  banget ya iyalah judulnya juga item yaa, lumayan laaah rasanya.. tapi aku masih kangen yg pertama ^^

5. berdoa jangan lupa yaaa….biar mumbul, lembut, waaa… seloyang ga pernah cukup dehh…  😀

Advertisements

Read Full Post »

Masih upload orderan cake bulan februari, cakenya Kiyo ini dipesan tanggal 2 Februari, Bu Nita, order cake dan 5 pack cupcakes princess isi 2 dan 9 cupcake tambahan untuk dikonsumsi sendiri, sebenernya mau order banyak tapi ga bisa, karena ini juga sebenernya order yang dibisa2in, hehe.. soalnya memang Bu Nita udah telpon dari bulan Januari, cuma g ngasih tanggalnya, jadi aku keburu deal dengan yang lain, tapi karena ini masih bisa dan sanggup aku terima dengan senang hati 😉

Ini cupcake untuk dibawa pulang tamu-tamu

Read Full Post »

haloo… aniwe btw busway eh bakul kuenya mau libur dulu ya… udah bikin tanggal kira2 pemberangkatan, tapi kayane mundur dari rencana awal, biasaaa… 😀

ko punya libur?  iyaa dong.. asik kan, work at home, bisa menentukan kapan aku harus kerja, harus libur, harus lembur…  yang penting sebelum libur, semua janji-janji ke customer sudah dipenuhi.. orderan? tetep diterima… silahkan kirim email atau sms yaa.. nomornya ada di pojok sana tuhh.. 😀

okee, berikut orderan dari dentist cantik, sumpaah, kiraain pas ketemu ini mama Naomi yang mana ya.. hahaha.. dengan pedenya aku menghampiri dan ngajak salaman, soalnya cupcakenya udah nyampe duluan.. 😀

vanilla chococips mini dengan edible phooto teletubbies, textnya tulisan ‘ Naomi BDay’, dikemas satuan, dengan pita dan labelnya..

Oya, minggu depannya drg. Ririn jg pesen cake tart, yang satu tema dora, yang satu Thomas.. nanti diuploadnya terpisah yaa.. terima kasih dok 😉

sms dari drg ririn malaemnya, ” Makasih ya mba, cupcakenya enak, banyak yang sukaa loo.. “

Read Full Post »

Maaf sebelumnya, posting thread ini agak panjang… karena bakalan banyak foto2.. karena ordernya jg banyak, yang mau pepsi2 dulu, atawa ambil mimik silahkan.. yaa..  *langsung penonton ganti channel*

ini ordernya bu Kiky, yang dulu order Tinkerbell cake dan cupcake tower untuk Yuki Birthday, nah yang ini yang ultah adiknya, Sekar..  oya nama putri2nya bagus2.. nanti nek aku hamil mau konsul nama bayi ya bu.. hehehe..

Ordernya ini dibahas dari Desember deh kayaknya, padahal mau makenya Maret xixixi.. sip banget ta, semua disiapin dr lama, jadi bakul kuehnya juga enaak.. hehee..

Ini Barbie cakenya, minta Belle Princess.. yang kuning2 lah bajunya.. begini Belle  untuk mb Sekar

As a good mother.. mommy Y&S maunya bagi godiee bag yg sehat, yang ga pake pengawet, dan bergizi.. sebagai bakul pun aku setujuuhh… dipilihlah

macaroni schootel keju, dgn isinya jamur, daging cincang, dan smoke beef.

Kemudian ada butter kukis dg hiasan dari royal icing,  ditambah puding chocolate dg vla vanilla.

masih kurang satu lagi, choco cupcake dengan ganache dan almond.. banyak yang nanya, ini ganache nya dr apa sih Mam? itu ganache dari whip cream kocok dicampur dengan dark cooking chocolate, rasanya mantep, tidak eneg, jadi bukan dari buttercream diberi warna coklat yaa..

cupcakenya dikemas single dg box, supaya aman, semuanya dipacking di tas godie bag nya, bu kiky yang mesen sendiri dan juga designya,  cakepp deh..

yang deg2an pas mau delivery ke Olifant, untungnya udah siap semua, pas banget dg packingnya hahaha karena acaranya dimajuin.. di taksi wes sms an aja deh sm bu kiky, keburu kelasnya bubaran waa bisa berabe .. alhamdulillah sampe sana pas banget, maaf ya bu..

terima kasih utk bu kiky atas ordernya dan juga testimoninya.. maaf kalo ada kekurangan ya bu..

testimoni di Facebook dari bu Kiky,

“Makasiy mama vino yg cantik…
Taart-nya cantik, enaaaaaaak, tp sampe skrg barbie-nya msh utuh, blm dipotong, sayaaaaaang he he jd belle msh berdiri utuh niy pdhl alasnya dah ludes.
Puding & macaroni scootelnya juga enak. Tp…cupcake-nya ga kebagian lagi xixixi…”

Read Full Post »

Sebenernya awal Maret itu udah bikin pengumuman kalau udah close order karena emang ordernya bisa dibilang besar, dengan tenaga yang masih terbatas, jadi masih harus pinter2 manajemen waktunya, kan prinsipnya fresh from the oven  hehehe..  tapi seperti biasa, kadang pertahanan runtuh juga yaa.. liat2 kalender, dan jam delivery order lain, ternyata bisa diatur dan sanggup kukerjain jadi ngga mungkin ditolak rasanya, apalagi yang ulangtahun ini customer yang udah baiik banget sama akuu…

ceritanya ini yang order Ibundanya bu Dwita, jadi mau bikin surprise untuk Bu Dwita, yang kerumah salah satu drivernya, yang udah 2x kerumah ambil kueh, saking banyaknya jadi kadang ganti2 tuh yang ambil hehehe…

11 cupcake, dengan design simple untuk orang dewasa, begitu pesannya

cupcakesnya vanilla chococips, kenapa, karena bu dwita kalo mesen cupcakes, selalu bilang, cupcakesnya biasa ya mba… hihihi.. alhamdulillah, bu Dwita bilang cupcakesnya was so good… happy birthday bu, wish u all the best, amiin 😉

Read Full Post »

lupaaa ini yang mesen siapa yaa… wkwkwk.. anak ilkom UGM pokonya lah.. buat someone specialnya yg ultah..

smsnya panjang… sampe aku bingung ini jadi ngga ya mesen.. ko ngga konfirmasi lagi, mana dia protes, ko CS nya Mommy Cakes ga 24jam.. hahaha..

iyalah, kan di kantor aja ada jam kerjanya..  trs aku kan kemana2 ya ga bs bawa hp ato segera angkat tlp ato balas sms..

antar cakenya janjian di KFC Kampus, terus pas ketemu Vino dikasih silverqueen hehehe… makasih ya Mr.X hehehe… besoknya sms katanya cakenya enaak bangett, yang ultah dan temen2nya juga pada sukaa sm kuenyaa…

Read Full Post »

ordernya mom’s yang cantik2…

ini order bu Hellen, yg lg pengen makan cupcakes waktu itu, modelnya terserah…

ini untuk Mami Talitha, ibu Ira di jalan paris

ini untuk mommy Sere, ibu Vanee..

Mau yang seperti ini untuk teman, pacar, kakak, atau ipar? booking order segeraaa yaaa…. hihihi

Read Full Post »

Older Posts »