Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Makan(an)’ Category

haloo..duh seminggu ga onlen ni, ada yg kangen gaa? *hayah*

eh..pemirsa kalo sdh ga ada yg kangen sm kita itu tanda2 bahaya, bisa jadi kita sdh tdk ada yg ingat lagi, atau sdh dianggap tdk bs bermanfaat lagi.. hiii syeereem..

eniwe, cuti krn si mbak pulang memutuskan hubungan kerja denganku, ya di recall sm keluarganya utk sementara tdk bekerja dulu, eh apa malah jangan2 mau dinikahkan yaa.. hiks hiks..

repot nih mesti nyari2 pengasuh baru, parno sm kisah dulu, ngambil dr agen. alhamdulillah ketemu sm si mbak sur ini, yg menurut aku amanah dlm bekerja, wes pokok e ak cucok lah..

nah, selama ga ada si mba, otomatis pekerjaan dapur ak ambil alih kembali kekeke..

untungnya puasa, masak memasak bs diatur waktunya, dan bkn yg gampang2 aja yaa..

keingetan dulu masih cukup sering makan siang di Kona, ada menu garlic chicken.. nah yg ini

ayam bawangnya ala mamavino,

resep:

500gr ayam, cuci bersih, potong2 ukuran sedang,

daun bawang, cuci bersih, potong serong biar cantik

5 siung bawang putih, diprepek atau iris tipis kecil2

2 sdm margarin

1sdm merica bubuk

3sdm kecap manis (bs ditambah klo sekiranya kurang, buatku cukup sih:D)

2sdm kecap inggris

200ml air

garam, gula pasir secukupnya

cara memasaknya:

1. ayam yg sdh dicuci bersih, baluri dgn air jeruk nipis, kmdn goreng sampai matang tp jangan terlalu kering apalagi sampek gosong yaa 😛 kemudian tiriskan dan sisihkan

2. tumis bawang putih, sampai harum dgn margarin, masukan ayam, kecap, aduk smp rata, masukan air, garam, gula aduk sampe rata, matangkan sampe kira2 airnya asat (bhs indonesianya apa ya, ya berkurang gitu deh airnya, sampe kira2 bumbu kecap meresap dah :P)

3. masukan merica bubuk, kecap inggris, aduk2 sebentar, sebelum matikan api, masukan daun bawang tadi, angkat, pindahkan ke piring saji.

update resep :

– bisa ditambah jahe bubuk atau satu jahe diprepek

– daun bawang taburkan saat ayam sdh di piring saji, menurutku lebih enak, jd si daun bawang tdk mateng gitu deh..

Makan selagi ayam bawang ini hangat bersama nasi putih hangat.. hmm.. yummy sekali.. aroma bawang daun, dan kecap inggrisnya berasaaa…

cobain deh, mudah bukan cara membuatnya? -bu sisca mode on-

apalagi disaat si mba dan asisten masak di rumah pulang Lebaran.. pasti suami bakalan ketagihan deh.. 😀

fotonya kapan2 ya.. ini onlen pake netbok baru ayah, blm ada apa2nya utk olah gambar, cm microsoft office bawaan doang, hihihi..

update foto ya

sumpeh deh, ini jd favorit banget skr, ayahvino kalo mamam ini bs nambah2 terus nasinya.. Alhamdulillah mama jd ada temen nambah Nasi -inget diet ma!- ;))

Advertisements

Read Full Post »

dr judulnya udah tau kan.. hihihi.. aku jd geli denger komentar ponakanku pas liat hasilanya, pas ak lg ngeluarin si bolu dr cetakan ke rak pendingin.

mas rizqi : ” tante ini kueh apa to, ko kelihatannnya itu tdk enak sama sekali”

aku : ” yee.. coba dl, jangan bilang ga enak. emang hitam. tp rasanya enak, lembuttt” (katanya testimoni kan demikian, 😀 )

mas rizqi : “lha ini baunya mana? kayaknya jg ga enak” (sambil ngeloyor pergi)

gludak.. si chef nya pingsan (chef? ).

bikinnya setelah ngobrol sm jeng roszzie, soal bolkus ini, yg katanya beliau kalo bkn udah sambil merem aja, hhihi..

resepnya udah banyak beredar, punya mba Angky – NCC, tp sourcenya aku ambil dr mba ratih.

ini aku buat dlm rangka jd tuan rumah arisan bapak2 komplek perumahan.. yah.. lumayanlah, dr semua snack yg disajikan.. yg laris manis cm si hitam ini, tinggal 2 biji sodara2.. lumayan, jatah buat aku. Ayah si ga doyan, sm yg namanya ketan hitam.. assikk… (nyesel deh yah.. ga mau cobain 😛 )

diatas itu dicetak khusus buat vino, pesawat, kura2 sm panda.

“nenak kueh, kueh nenak”  kata vino. aduh bener ga ya, semua cake aku gosong pun dia suka je hihihi scr kan pas mateng msh puasa, blm buka 😀

udah rapi.. di kasi papercup, hitam2 begini enak lo.. bener.. don’t judge a cake from warnanya begituu.. 😛

pas udah selese, seneng banget.. soalnya ngalahin snack lainnya.. horeee..!

btw, seperti halnya brokus ato bronis kukus, enaknya disantap setelah diinapkan, jd ak simpen satu, ak makan pas sahur besoknya, ini jd lebih kering, lebih memadat, dan lebih enak deh rasanya, dibanding saat mamam malam itu (di hr yg sm dgn proses bikin).

yg mo bkn, ini resepnya ya :

BOLU KUKUS SI HITAM
by Angky-NCC

source resep : http://dapuratih.blogspot.com

bahan:

350 gr tepung ketan hitam
5 butir telur
300 gr gula pasir
150 ml minyak goreng
200 ml KARA
1/2 st TBM

Cara:
-telur, gula dan TBM dikocok sampe mengembang/putih
-masukan ke adonan: tepung ketan, minyak goreng, dan Kara, kemudian kocok lagi sampai betul2 rata.
– tuang ke loyang yang telah dioles mentega atau dicetak dgn cetakan kecil2 kue sakura

mba roszzie, ini laporan bolkus dr aku ya, emang enak, endang bedendang, bikinnya jg gampang, cm hati2 air kukusan kalo habis 😀

Read Full Post »

puanjang ya judulnya.. 😀

kmr2 itu pengen buka asem manis kepiting, tp mau beli mateng jauhnya di babarsari sana, krn pasti ga keburu kalo buat buka, jd pas muter2 sm vino, pas ketemu mas nya yg jualan ikan, yg biasa muteri komplek.

belinya bingung mau berapa, biasanya kan kalo di spm tinggal masukin secukupnya, berhubung ini jg pake utusan belinya, langsung aja, 250gr aja mba!

kalo utk masak ini, ak sendiri ya masak (hihii, iya soale guampang tinggal cemplung2, tp si mbak tetep merasa ga bs utk jenis2 masakan begini walopun udah kuajari berkali2, okee dee gpp, toh ak jg suka sekali masak dan makan 😀 )

pas udang udah dibersihkan dan sdh digoreng, aku itung yaa.. ko cm dpt 10 ekor udang :(( , ya eyalah, cm 250gr (info harga, Rp 12000 per 250gr, kalo beli di pasar Rp.11000, mo yg murah pasti seger banyak pilihan ke Pantai Depok 😀 ), udangnya gede2 pulak, ga tau jenis apa neh, yg jelas bukan jerbung, krn warnanya putih (semoga bukan yg pake pemutih yaa.. ngeri ih),

ga tau kenapa, lg pengen yg pedes jd dr resep yg lama, tinggal ditambah aja cabe rawit merah utuh sesukanya,

sekilo jg boleh, tp judulnya ganti jd cabe rawit goreng mentega versi udang yaa.. dan ak tdk tanggung jawab kalo sakit perut yaa.. hehehe.. 😛

oya, ini resepny ak tulis ulang, yg dulu ada yg kurang, sapa tau ada yg mau mencoba.

Udang goreng mentega a la mamavino versi episod cabe rawit

bahan:

250gr udang
1 bh bawang bombay , diiris
2 bh bawang putih, secukupnya (ak biasa 2-3bh, dipeprek, cincang)
1 sdm kecap manis ato boleh tambah sesuai selera
1 sdm saus tiram ato boleh tambah sesuai selera
2 sdm kecap inggris ato boleh tambah sesuai selera
2-3 sdm margarin/mentega
1 ruas jahe, dipeprek
5 butir cabe rawit utuh
garam secukupnya

caranya :

udang dibersihkan dan dikuliti (boleh kasih jeruk nipis), lalu goreng sebentar sj (jgn terlalu kering/mateng)

tumis margarin (satu sendok), masukan bawang putih, tumis smp harum,
masukan bawang bombay smp agak layu, lalu masukan udang, garam, masukan kecap manis, saus tiram, kecap inggris, matangkan,masukan cabe rawit utuh, aduk kemudian angkat,
hidangkan bersama nasi hangat.

Read Full Post »

judule dowoo.. 😀

ya ben, yg ini juga disukai ayahvino. lain kali pengen cobain pake cream cheese ah isinya, pasti ayah jg bakalan suka, scr sukanya yg gurih2.. (cream cheese gurih po, gorengan wae yo yah)

fotonya kurang terang, aku exposure ko jd gini ya.. rpp sing penting ketok yaa

ganache ak kasih secuil2 , cm sekali tekan pake spluit (lupa nomor brp), soale vino suka banget sm ganachenya.. jd ak simpen buat vino sisanya, ak kasih 1-2 sendok di mangkuk, dia bakalan anteng 😉 trs mamahnya jg suka ga tahan.. nyolek! hihihi…

Read Full Post »

desaaku yg kucinta, pujaan hatiiiku..
tempat ayah dan bunda, dan handai taulankuu…

terusane lali 😀

longweekend ini kami mau mudik ke bumiayu, pulang terakhir lebaran idul fitri kmrn, udah kangen sm ibu, bapak, dan makanan asli bumiayu… haa..makan-an?
hihihi..
sebut sj, petis tempe (spt tumpang gitu, cmn lebih halus tempenya), bubur blohok(jenang aka bubur tepung beras pake kinca), gorengan dage (aka gembus kalo di YK), buntil daun talas, daan..satee bebek..kwek kwek..di daerah tambak , wajib mampir lo Ayah.. setir pelan2..jangan bablas ya… 😛

ya ampyun, mudik agendanya cuman makan? ya eyaaalah…ga makan kan bs kelaperan tuh!
😀

sebelum brkgt ke bumiayu, masih aku sempetin nyobain resep cheese makaroni panggang,

sekalian buat dibawa sowan ke Mommy mertua, hasilnyaaa…? Ayah bilang mantabss..
-melayang kalo dipuji Ayah –

resep cheese makaroni panggang ini, dapetnya dr buku Kue Ultah utk Anak Primarasa, simple,

bikinnya gampang, dan bahan2 semua tersedia di rumah.
ak tambahin kornet beef, biar ada taste lain dan lebih mantabs, krn di resep nya ga pake.

Asli..enyaak banget dee.. patut dicoba lo..persiapan bikinnya jg ga ribet.. ini bakalan

jadi menu favorit di dapur Mommy Cakes, dan jd alternatif kalo lg bosen sphagetty home

made Mommy.

mau? –meseen yaa di Mommy Cakes–
btw, krn longweekend ini aku pulangkampung, dan aku cutii.. so, Mommy Cakes nya jg cutii yaa…smp tgl 25 maret..dadaaah…  

update:

ini fotonya, maklum hp lama jd gambarnya kurang bagus ni..temaram remang2 hihihi..

oya, ini diatas taburan keju cheddar parut, kutambahi parutan mozarella… makinn cheessyy deh rasanya.. mantabs..!!

resize-of-20-03-08_0804.jpg

resize-of-20-03-08_0835.jpg

Read Full Post »

Alhamdulillah,
akhirnya…setelah berkali2 nyobain resep ini, br kali ini bs sukses..dan lancarr…
resepnya dr milis dapurbunda, JCC dr Yasaboga.
berbekal trip dan trik dr Mba Ochie ‘Kue Chubby’, Mba Shinta ‘Olanos’ and Jeng Yulia ‘chef makicakes’

aku hati2 banget ni, mulai dr timbang-menimbang, oya.. aku punya timbangan digital baruu loo..yg beliin Ayah VIno, makasih cintaku, besok2 oven gas nya ya…

ini bikinnya sambil momong Vino yg ndak mau bobok, pdhl dah jam 8 mlm, cuma pas mixernya aja Vino digendong mbak, sambil ngeliatin Mamanya baking. selese, masukin loyang, masukin oven.
di resep sekitar 70 menit, tp di oven listrikku nyampek hampir 2 jam.

sejam pertama ak cuma nengok2 oven, wuiih..cantik banget cake na..mengembang sempurna… berikutnya mulai pake senter, takut gosong! dan akhirnya mateng hahaha

subhanallah..ni yg bkn resep ya,

cake nya ennyakkk banget.. lembut…soft…and cheesy banget dee.. baru kali ngerasain cake kayak gini –eh , bangun2..kayak mimpi aja–

habis diangkat dr loyang ya, ini ak masing melongo kagum2, sm hasil bikinanku sendiri..cantiiikk banget de.. ga percuma nyatet tipsnya Maki, mba Ochie dan mba Shinta.. makasihh bangettt…muah muah..

ini penampakannya.. skrg Mommy Cakes dah siap terima pesanan JCC..

resize-of-p1070009.jpg

 

resize-of-p1070008.jpg

Read Full Post »

resize-of-p1060858.jpg

resize-of-p1060867.jpg

resize-of-p1060864.jpg

bdck diatas dibuat atas pesanan ponakan tercinta,

inspirasinya dari mana2…dari buku kue ultah untuk anak (chocho train), dari blog mba ochie, blognya maki, dari dapur kitchen craft..dipadukan jd seperti itu..

untuk princes nya, simple banget, ini buat adek yg ultah, biasa ikut2an kakaknya, pengen dibuatin cake,

dihias cuma pake spluit wilton rumput,  bunga, sm yg lurus garis2 tuh lupa nomornya..

hmm..ternyata asik jg ya..carving ini..tp maklum ni..masih amatir..yg penting yg pesan udah puass banget..

itu kepala thomasnya pake fondant loo.. ketok wagu yoo..urung iso persis thomas beneran, padahal bikinnya sambil mantengin kereta thomas beneran lo..hihihi

Read Full Post »

Older Posts »